CONTOH RKH



RENCANA KEGIATAN HARIAN
(RKH)

            Tema                          : Tanaman
Sub Tema                  : Tanaman Produksi ( Karet )
Kelompok Usia         : 4-5 Tahun
Sentra                         : Alam
Hari Tanggal             : kamis, 11 Agustus 2016

INDIKATOR
1.    Nilai Agama dan Moral
a.    Mengucapkan salam dan membalas salam
b.    Menyayangi teman
2.    Fisik motorik
1.    Motorik kasar
a.    Dapat melompat dengan tali karet
2.    Motorik halus
a.    Dapat menyambung karet dibuat untuk lompat tali
3.    Kognitif
a.    Mengenal pohon karet dan yang dihasilkan.
4.    Bahasa
a.    Mengungkapkan rasa senang bisa bermain lompat tali dengan tali karet
5.    Social emosional
a.    Bekerja sama dalam kegiatan
b.    Antri menunggu giliran
6.    Seni
a.    Dapat bermain lompat kaki dengan satu kaki



KEGIATAN
1.    Pijakan lingkungan main
a.    Pilihan main
Ø  Bermain lompat tali dengan karet
Ø  Bermainlompat kodok dai ban
Ø  Menggelindingkan ban  dengan tepat
b.    Alat main
Ø  Anak-anak, tali karet
Ø  Ban bekas
Ø  Ban mobil, ban motor

2.    Kegiatan pembukaan diluar (persiapan)                                    (30 menit)
a.    Baris membentuk lingkaran
b.    Bercerita tentang kegunaan  pohon karet
c.    Menjelaskan apa yang dihasilkan dari pohon karet
d.    Toileting
e.    Antri menuju sentra

3.    Pijakan sebelum main                                                                   (30 menit)
a.    Membuat lingkaran di dalam sentra
b.    Mengucap salam
c.    Berdo’a sebelum belajar
d.    Mengabsen
e.    Membuat aturan main

4.    Pijakan Saat Main                                                                         (60 menit)
a.    Melihat kegiatan main anak
b.    Membantu anak yang kesulitan
c.    Mencatat kegiatan main yang dilakukan anak
d.    Mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan anak

5.    Pijakan Setelah Main                                                                    (30 menit)
a.    Membereskan mainan sesuai tempat dan ukurannya
b.    Istirahat, cuci tangan
c.    Berdoa sebelum dan sesudah makan
d.    Bermain bebas
e.    Masuk kelas membentuk lingkaran
f.     Menghubungkan kegiatan yang akan datang
g.    Berdoa sesudah belajar
h.    Mengucap salam, pulang.

PENILAIAN
1.    Checklist
2.    Even Sampling
3.    Anekdot
Aspek yang dinilai
1.  Anak bisa mengucap salam
2.  Anak mengerti apa yang dihasilkan dari pohon karet
3.  Anak-anak bisa melompat dengan dua atau satu kaki ketika bermain lompat tali
4.  Anak mau bergantian

Wonoharjo, 11 Agustus 2016
    Mengetahui
 Kepala sekolah                                              Guru Sentra Alam
  PAUD AMANAH BUNDA




SUNARMI                                                  ETI NURMAYUNI


No comments: